|
1.1 Pengertian Pemasaran
Pengertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu
kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang
atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal
tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan,
di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran
dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya
dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan pengertin pemasaran berarti bekerja
dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa
keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba
1.2 Jenis-jenis Pasar
Dalam
menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni :
a. Apa yang dibeli (object)
b. Mengapa membeli (objective)
c. Siapa yang membeli (organization)
d. Bagaimana membelinya (operation)
Adapun
jenis-jenis pasar adalah :
1. Pasar
Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang
membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dujual atau diproses
lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli
rumah tangga (non bisnis).
Apa yang dibeli? Barang dan jasa konsumsi.
Mengapa
membeli? Untuk memuaskan kebutuhan. Sedangkan timbulnya kebutuhan disebabkan
oleh beberapa faktor, yaitu: perkembangan fisik, sosial, ekonomi, dll.
Siapa yang membeli? Satu, beberapa orang, atau mereka
yang berada dalam suatu kelompok yang disebut unit pengambilan keputusan, yang
terdiri dari :
a. initiator, yakni orang yang pertama kali
mempunyai ide untuk membeli produk.
b. Influencer yakni orang yang mempengaruhi
keputusan dalam pembelian.
c. Decider yakni orang yang menentukan secara sebagian atau
secara keseluruhan dari keputusan pembelian.
d. Purchaser yakni orang yang melaksanakan
pembelian.
e. User, yakni orang yang memakai atau
mengkonsumsikan.
Bagaimana membelinya? Dengan cara reminder buying atau sugesstion
buying. Reminder buying adalah
pembelian tanpa direncanakan yang didasarkan pada ingatan. Sedang suggestion buying adalah pembelian tanpa
direncanakan yang didasarkan pada suatu sasaran dari orang lain.
contohnya pada toko online indonesia yaitu ekiosku.com mengadakan sebuah gebrakan pemasaran untuk meramaikan situsnya dengan membuat sebuah program affiliate ekilink yang saat ini terkenal dengan julukan Cari Uang Lewat Ekiosku.com oleh para netter indonesia.
contohnya pada toko online indonesia yaitu ekiosku.com mengadakan sebuah gebrakan pemasaran untuk meramaikan situsnya dengan membuat sebuah program affiliate ekilink yang saat ini terkenal dengan julukan Cari Uang Lewat Ekiosku.com oleh para netter indonesia.
2. Pasar
Produsen
Pasar produsen juga disebut pasar industri atau
pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga
atau organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi
produk akhir yang kemudian di jual atau disewakan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa Industri, antara
lain :
a. Bahan dasar dan komponen, contoh : gandum, semen,
mesin, ban, dll.
b. Barang-barang modal, contoh : komputer, bangunan,
forklift, mesin tik, dll.
c. Supplies dan services, contoh : batu bara, konsultasi,
periklanan, dll.
Mengapa membeli?Untuk membantu atau memperlancar
usahanya dengan tujuan dapat memperoleh laba dari penjualan hasil produksinya.
Siapa yang membeli? Dapat dilakukan sendiri atau
ditangani oleh suatu bagian/departemen dalam organisasi/perusahaan tersebut,
tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Terdapat 3 macam situasi yang
berbeda, yaitu:
a. tugas baru, artinya pembeli baru pertama kali akan
membeli (paling kompleks)
b. Pembelian ulang, artinya pembeli sudah pernah
melakukan pembelian barang yang sama, dan akan membeli lagi untuk kedua atau
ketiga kalinya.
c. Pembelian terus-menerus, artinya pembeli sudah
berkali-kali melakukan pembelian barang yang sama.
3. Pasar
Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)
Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri
dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud
untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Apa yang dibeli? Barang yang akan dijual lagi. Hanya
saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual
lagi
Mengapa membeli? Untuk mendapatkan laba.
Siapa yang
membeli? Dapat dilakukan sendiri atau ditangani oleh suatu bagian/departemen
dalam organisasi/perusahaan tersebut, tergantung dari nilai pembeliannya.
Bagaimana membelinya? Pasar penjual berusaha mencari
supplier atau produsen yang paling baik. Faktor-faktor yang diperhatikan :
syarat pembayaran, pelayanan,dll.
Seperti halnya toko baju online yaitu Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis yang saat ini tengah mengadakan kegiatan marketing dengan mengadakan kontes seo dan dengan memberikan diskon yang besar-besaran kepada konsumennya, ini semua termasuk strategi pemasaran oleh situs bajumurmer.com tersebut.
Seperti halnya toko baju online yaitu Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis yang saat ini tengah mengadakan kegiatan marketing dengan mengadakan kontes seo dan dengan memberikan diskon yang besar-besaran kepada konsumennya, ini semua termasuk strategi pemasaran oleh situs bajumurmer.com tersebut.
4. Pasar
Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga
pemerintahan, yakni : departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli
atau menyewa barang-barang untuk membantu melaksanakan fungsi-fungsi
pemerintahan.
Apa yang dibeli? Barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan,
dikbud, pekerjaan umum, kesehatan, kesejahteraan rakyat.
Mengapa membeli? Untuk kepentingan dan kesejahteraan
masyarakat.
Siapakah yang membeli? Organisasi atau lembaga
pemerintahan, baik pusat ataupun daerah.
Bagaimana membelinya? Dengan penawaran secara terbuka (tender)
atau kontrak perjanjian langsung dengan supplier untuk melaksanakan proyek.
5. Pasar
International
Pasar
International meliputi beberapa negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun
industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau
untuk mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses
menjadi barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan
masyarakat.
6. Pasar
Online
Pada pasar online
ini saat ini yang banyak sedang digunakan oleh para penjual untuk mempromosikan
produknya secara cepat dan mudah dan bisa dibaca orang diseluruh dunia.
1.3 Manajemen Pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli - Manajemen Marketing
Dalam dunia usaha yang semakin bersaing, tantangan yang dihadapi para produsen
barang akan semakin berat dalam usahanya untuk memasukkan barangnya ke arena
pertukaran. Segala usaha di bidang pemasaran (marketing) harus ditempuh
sehingga penggarapan secara sungguh-sungguh agar tidak terlempar ke luar
"percaturan" akibat semakin banyaknya orang yang sama dalam bidang
yang telah digarap. Dalam persaingan yang semakin ketat, kegiatan peningkatan
produksi tidak lagi dipandang sebagai masalah yang berat dibandingkan dengan
kegiatan memasarkan barang yang dihasilkannya. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa keberhasilan dalam memasarkan merupakan kunci keberhasilan dari suatu
perusahaan.
Kegiatan pemasaran memiliki nilai positif baik dilihat
dari sisi konsumen maupun dari sisi produsen. Dari sisi konsumen, pemasaran
dipandang sebagai kegiatan yang dapat menawarkan berbagai alternatif alat
pemuas kebutuhan, sehingga nilai kepuasan itu sendiri bertambah besar. Dari
sisi produsen, pemasaran sebagai kegiatan untuk lebih meningkatkan pelayanan
pemenuhan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, pemasaran sesungguhnya bukan
sematamata berkaitan dengan kepentingan produsen saja melainkan juga
kepentingan konsumen.
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan
pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup,
untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Arti pemasaran biasanya sering disalah
artikan dengan pengertian penjualan, perdagangan dan distribusi. Padahal
istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu bagian dari aktivitas pemasaran
secara keseluruhan. Proses pemasaran dimulai jauh sebelum barang diproduksi dan
tidak berakhir dengan penjualan tetapi bagaimana dapat memberikan kepuasan
kepada konsumen.
Sehingga sejak orang mengenal kegiatan pemasaran,
telah banyak definisi-definisi pemasaran yang dikemukakan. Definisi tersebut
awalnya menitikberatkan pada barang, kemudian pada lembagalembaga yang
diperlukan untuk melaksanakan proses penjualan, dan pada fungsi-fungsi yang
dijalankan untuk memungkinkan dilakukannya transaksi pemasaran.
Untuk
mendapatkan gambaran tentang ruang lingkup pemasaran, berikut ini dikemukakan definisi
atau Pengertian pemasaran.
Menurut
American Marketing Association:
Pemasaran
merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan
distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang
mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Sedangkan
menurut Philip Kotler:
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Pengertian
tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi: kebutuhan
(needs), keinginan (wants) dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, dan
gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; hubungan dan
jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.
Konsep inti
pemasaran di atas beroperasi di dalam suatu lingkungan yang terus-menerus
berkembang sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan, tetapi juga dibatasi
oleh sumber-sumber dari perusahaan itu sendiri dan peraturan yang ada. Bagi
pemasaran, perubahan lingkungan dapat merupakan tantangan baru yang memerlukan
tanggapan dan cara penyelesaian yang baru pula, atau sebaliknya dapat berupa
suatu peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha.
Sehubungan
dengan hal itu, dibutuhkan suatu keahlian yang mampu memilah dan melaksanakan
kegiatan pemasaran dalam pencapaian tujuan perusahaan serta dalam menyesuaikan
diri dengan perubahan lingkungan. Kegiatan pemasaran ini harus dikoordinasikan
dan dikelola dengan cara yang benar, maka dikenalilah istilah manajemen
pemasaran.
Manajemen
pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk
mencapai tujuan perusahaan.
Titik berat
diletakkan pada penawaran perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi
yang efektif untuk memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.
Jadi,
manajemen pemasaran dirumuskan sebagai suatu proses manajemen yang meliputi penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh
perusahaan.
Kegiatan ini
bertujuan menimbulkan pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut barang
dan jasa, atau benda-benda lain yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis,
sosial dan kebudayaan. Proses pertukaran dapat ditimbulkan baik oleh penjual,
maupun pembeli yang menguntungkan kedua belah pihak. Penentuan produk, harga,
promosi dan tempat untuk mencapai tanggapan yang efektif disesuaikan dengan
sikap dari perilaku konsumen, dan sebaliknya sikap dan perilaku konsumen
dipengaruhi sedemikian rupa sehingga menjadi sesuai dengan produk yang
ditawarkan perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar